Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal dalam Hasil Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP.

Syukrina, Allvin (2017) Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal dalam Hasil Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ALLVIN_SYUKRINA_1206119_5191_2017.pdf] Text
B1_01_ALLVIN_SYUKRINA_1206119_5191_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masih rendahnya hasil belajar mahasiswa Jurusan
Teknik Bangunan. Melihat masalah tersebut, maka dilakukan penelitian yang
bertujuan untuk mengungkap Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal dalam Hasil
Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan FT-UNP.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak
72 orang mahasiswa angkatan 2015 Teknik Bangunan tahun ajaran 2016/2017.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Sekunder. Data
Primer dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan skala Likert yang
menggunakan 4 pilihan jawaban, yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif.
Jumlah pernyataan dalam angket sebanyak 38 butir pernyataan. Adapun Data
Sekunder diperoleh dari jumlah mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Gambar
Bestek dan Bangunan Januari-Juni 2016.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 4 indikator Faktor yang
Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Program
Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP, faktor yang cukup mempengaruhi
hasil belajar Gambar Bestek dan Bangunan adalah Faktor Ekternal pada indikator
Nonsosial dengan persentase pencapain 74,11%. Kemudian, ditinjau pada Faktor
Internal indikator yang cukup mempengaruhi hasil belajar Gambar Bestek dan
Bangunan FT-UNP adalah indikator fisiologis dengan persentase 69,41%.
Berdasarkan hasil analisa di atas, dapat di lihat bahwa faktor yang cukup
mempengaruhi hasil belajar Gambar Bestek dan Bangunan adalah Faktor Ekternal
pada indikator Nonsosial dengan persentase pencapain 74,11%. Kemudian,
ditinjau pada Faktor Internal indikator yang cukup mempengaruhi hasil belajar
Gambar Bestek dan Bangunan FT-UNP adalah indikator fisiologis dengan
persentase 69,41%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:01
Last Modified: 18 Mar 2025 03:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item
View Item