Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Biologi Kelas XII di SMAN 2 Siak Hulu Riau

Arlena, Arlena (2010) Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Biologi Kelas XII di SMAN 2 Siak Hulu Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARLENA_10745_3141_2012.pdf] Text
B1_1_ARLENA_10745_3141_2012.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar IPA
(Biologi) kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan
kontekstual dengan
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA (Biologi).
Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 2 Siak Hulu Riau.
Sedangkan sampel adalah siswa kelas XII3 sebagai eksperimen dan siswa kelas
XII4 sebagai kontrol yang diperoleh tidak dengan proses acak. Data penelitian
diperoleh melalui instrument tes dan angket. Data tersebut kemudian dianalisis
dengan uji ANAKOVA.
Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) tidak terdapat interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar. (2) Motivasi
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Besar pengaruh
(kontribusi)nya adalah sekitar 37%, dan (3) Setelah dilakukan penyesuaian
terhadap perbedaan motivasi belajar siswa, ternyata tidak terdapat perbedaan
rata-rata hasil belajar yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang
diajar dengan pendekatan konvensional. Artinya, ternyata pendekatan
kontekstual tidak lebih baik dari pendekatan konvensional terhadap hasil belajar
biologi kelas XII di SMA Negeri 2 Siak. Oleh sebab itu disarankan pendekatan
yang digunakan harus disesuaikan dengan materi pelajaran dan situasi dan
kondisi siswa yang diajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:17
Last Modified: 17 Mar 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item
View Item