Adriani, Arlis Efi (2011) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ARLIS_EFI_ANDRIANI_10600_3895_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ARLIS_EFI_ANDRIANI_10600_3895_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ARLIS_EFI_ANDRIANI_10600_3895_2012.pdf
Download (152kB)
Abstract
Kepuasan kerja guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan
guru dalam pelaksanaan tugasnya di sekolah. Berdasarkan hasil survey awal
terhadap beberapa orang guru sekolah dasar di Kecamatan Baso Kabupaten Agam
terindikasi bahwa guru memiliki tingkat kepuasan kerja yang masih rendah.
Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor kepemimpinan kepala
sekolah dan motivasi berprestasi guru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan besarnya kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi
berprestasi terhadap kepuasan kerja guru. Hipotesis yang diuji dalam penelitian
ini adalah: (1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kepuasan
kerja guru, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru,
(3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar Kecamatan Baso
Kabupaten Agam yang berstatus PNS berjumlah 204 orang. Sampel berjumlah 64
orang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket yang telah diuji validitas p < 0,05 dan uji
realibilitasnya adalah p < 0,01. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala
sekolah berkontribusi sebesar 8,4% terhadap kepuasan kerja, (2) motivasi
berprestasi berkontribusi sebesar18,4% terhadap kepuasan kerja guru, (3)
kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama
berkontribusi sebesar 23,8% terhadap kepuasan kerja guru. Tingkat pencapaian
skor kepemimpinan kepala sekolah dan skor kepuasan kerja guru termasuk pada
kategori cukup, sedangkan motivasi berprestasi termasuk pada kategori baik.
Hasil dari penelitian ini mempunyai implikasi bahwa untuk meningkatkan
kepuasan kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Baso Kabupaten Agam dapat
dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi
berprestasi guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:16 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3937 |