Implementasi Penilaian Autentik dalam Mata Pelajaran Bahasan Indonesia di SMP Negeri Kota Padang.

Ramadhani, Fitri (2017) Implementasi Penilaian Autentik dalam Mata Pelajaran Bahasan Indonesia di SMP Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FITRI_RAMADHANI_1300806_765_2017.pdf] Text
B1_01_FITRI_RAMADHANI_1300806_765_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) jenis penilaian autentikyang digunakan guru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kotaPadang, (2) kesesuaian antara penilaian autentik yang dilakukan guru matapelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang dan teori yang ada padaKurikulum 2013, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaranbahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang dalam melakukan penilaianautentik.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri kota Padang yaitu SMPN 8 Padang,SMPN 12 Padang, dan SMPN 31 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasilpengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan penilaian autentik yangdilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang yang diperoleh darisumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studidokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tigahal berikut. (1) Secara keseluruhan jenis penilaian autentik telah digunakan olehguru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang. (2) Secara keseluruhankesesuaian antara penilaian autentik yang dilakukan guru mata pelajaran bahasaIndonesia di SMP Negeri kota Padang dan teori yang ada pada Kurikulum 2013sudah baik. Pada komponen pemahaman guru terhadap proses dan penilaianpembelajaran berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian dikategorikanbaik. Guru bahasa Indonesia SMPN 8 Padang sudah memahami proses danpenilaian pembelajaran dengan persentase 75% dengan kategori baik. Gurubahasa Indonesia SMPN 12 Padang sudah memahami proses dan penilaianpembelajaran dengan persentase 75% dengan kategori baik. Guru bahasaIndonesia SMPN 31 Padang sudah memahami proses dan penilaian pembelajarandengan persentase 75% dengan kategori baik. Pada komponen pelaksanaanpenilaian pembelajaran berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitiandikategorikan cukup baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 8 Padang sudahmelaksanakan penilaian pembelajaran dengan persentase 56,81% dengan kategoricukup. Guru bahasa Indonesia SMPN 12 Padang sudah melaksanakan penilaianpembelajaran dengan persentase 65,90% dengan kategori cukup. Guru bahasaIndonesia SMPN 31 Padang sudah melaksanakan penilaian pembelajaran denganpersentase 61,36% dengan kategori cukup. (3) Kendala yang dialami guru matapelajaran bahasa Indonesia di SMPN kota Padang antara lain keterbatasan waktu,sarana dan prasarana, dan sosialisasi penilaian autentik yang masih minim.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN AUTENTIK, BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:43
Last Modified: 17 Mar 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item
View Item