Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 di SMK N 1 Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu

Asperi, Armen (2010) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 di SMK N 1 Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARMEN_ASPERI_91541_3140_2012.pdf] Text
B1_1_ARMEN_ASPERI_91541_3140_2012.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal yang menemukan hasil
belajar Matematika siswa kelas 2 di SMK N 1 Kecamatan Tandun Kabupaten
Rokan Hulu yang masih rendah, yang diduga disebabkan strategi pembelajaran
yang digunakan guru kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
perbedaan antara hasil belajar Matematika kelas 2 menggunakan strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar Matematika siswa 2 yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Ada 4 hipotesis
yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Terdapat perbedaan antara hasil
belajar pelajaran Matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar pelajaran pelajaran Matematika siswa
yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan
antara hasil belajar Matematika kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi
diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar
Matematika kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajar dengan
strategi pembelajaran konvensional; (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar
Matematika kelompok siswa yang mempunyai motivasi rendah diajar dengan
strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar Matematika
kelompok siswa yang mempunyai motivasi rendah yang diajar dengan strategi
pembelajaran konvensional; dan (4) Terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, karena
penelitian dilakukan berdasarkan kelas yang telah terbentuk sebelumnya. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di di SMK N 1 Kecamatan Tandun
Kabupaten Rokan Hulu. Sampel penelitian sebanyak 70 orang siswa, 35 orang
siswa untuk kelas eksperimen dan 35 orang siswa untuk kelas kontrol. Alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif
berbentuk pilihan ganda yang sebelum digunakan diuji terlebih dahulu validitas
dan reliabilitasnya. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap kesamaan rata-rata.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan
antara hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan
strategi pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar Matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi
diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar
Matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi diajar dengan pembelajaran
konvensional; (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika kelompok
siswa yang mempunyai motivasi rendah diajar dengan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar Matematika kelompok siswa yang
mempunyai motivasi rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran
konvensional; dan (4) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran
dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:43
Last Modified: 17 Mar 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item
View Item