engunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Tema Lingkungan di Kelas III SDN 29 Dadok Padang

Narwis, Indra Husni (2012) engunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Tema Lingkungan di Kelas III SDN 29 Dadok Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_INDRA_HUSNI_NARWIS_19797_6461_2012.pdf] Text
B1_1_INDRA_HUSNI_NARWIS_19797_6461_2012.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran tematik di kelas III SD N 29 Dadok Padang, pada akhir
mid semester I tahun 2010. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran yang ada di kelas. Penelitian ini terdiri dari empat
tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap
refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dimana siklus I dan II terdiri dari dua
kali pertemuan dan siklus III hanya satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah
guru dan peserta didik kelas III SD N 29 Dadok Padang yang terdiri dari 25 orang
peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan melaksanakan tes, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar tematik tema
lingkungan di kelas III SD N 29 Dadok Padang. Siklus I, aktivitas belajar peserta
didik mencapai 67,8 % pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,9%
penelitian pada siklus III meningkat menjadi 90 %. Hasil belajar peserta didik pada
siklus I mencapai 68%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81%, dan
penelitian pada siklus III mencapai 95,5%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:14
Last Modified: 17 Mar 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3912

Actions (login required)

View Item
View Item