Pratiwi, Chici (2018) Kontribusi Self Efficacy dan Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_CHICI_PRATIWI_15151057_1980_2018.pdf
Download (384kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang banyak mengalami masalah tentang hasil belajar matematika di sekolah dan banyak siswa yang tidak tuntas dalam belajar matematika. Self efficacy dan kemandirian belajar matematika merupakan faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika, self efficacy, kemandirian belajar matematika, (2) menguji kontribusiself efficacy, kemandirian belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2Koto XI Tarusan yang berjumlah 305 dan sampel berjumlah 173 siswa yangdipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumenself efficacy dan kemandirian belajar matematika, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara umum gambaran hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (2) secara umum gambaran self efficacy berada pada kategori tinggi, (3) secara umum gambaran kemandirian belajar matematika berada pada kategori sedang, (4) terdapatkontribusi self efficacy yang signifikan terhadap hasil belajar matematika,(5) terdapat kontribusi kemandirian belajar matematika yang signifikan terhadaphasil belajar matematika, dan (6) terdapat kontribusi self efficacy dan kemandirian belajar matematika secara bersama-sama yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa dalam penyusunan program pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, khususnya SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy; Kemandirian Belajar Matematika; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/391 |