Khairani, Cahaya Putri (2022) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Karakter Tangguh Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Belajar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_CAHAYA_PUTRI_KHAIRANI_19151043_1379_2023.pdf
Download (712kB)
Abstract
Aktivitas siswa di dalam kelas sangat beragam saat mengikuti prosesbelajar mengajar, kebanyakan siswa belum mampu secara mandiri dalam menemukan, mengenal dan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam masalahnya. Siswa yang tidak mempunyai motivasi dan kemandirian dalam belajar seperti tidak memiliki jadwal belajar tetap, belajar sambil menonton TV, menghabiskan waktu dengan memainkan handphone, tidak menyelesaikan tugasdan hanya belajar pada waktu menghadapi ujian saja dan tidak memiliki karakter tangguh dalam belajar yaitu kesungguhan dan ketekunan. Hal ini menunjukkanrendahnya karakter tangguh siswa dalam belajar. Beberapa cara dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkan karakter tangguh siswa salah satunya menggunakan media yang menarik seperti modul bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul bimbingan dan konselingyang valid secara isi dan tampilan, praktis, serta efektif untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design,Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiridari 3 orang ahli isi dalam bidang bimbingan dan konseling dan 3 orang ahli dalam bidang tampilan, 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul bimbingan dan konseling sudah valid secara isi dan tampilan untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar, (2) tingkat praktikalitas modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar yang dikembangkan berada pada kategori baik/tinggi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor, (3) modul bimbingan dan konseling yang efektif untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar. Dengan demikian, modul bimbingan dan konseling yang dikembangkan dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Tangguh; Belajar; Modul |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/390 |