Putri, Indah Surya (2020) Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_INDAH_SURYA_PUTRI_18124022_2194_2021.pdf [thumbnail of B1_1_INDAH_SURYA_PUTRI_18124022_2194_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_INDAH_SURYA_PUTRI_18124022_2194_2021.pdf
Download (959kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu belum
berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang dilakukan
guru belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu, sehingga
siswa kurang aktif dalam menerima pembelajaran, siswa tidak memiliki
kesempatan untuk mengemukakan ide ataupun gagasannya, selain itu
pembelajaran masih berpusat pada guru, akibatnya penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa melalui
penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan di kelas IV SDN 34
Simpang Haru.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang berupa tindakan
(classroom action reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas
beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian dilakukan di SDN 34 Simpang Haru Kota Padang pada bulan Februari
sampai dengan Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas IV SDN 34 Simpang Haru, siswa berjumlah 24 orang terdiri dari 14 orang
laki-laki dan 10 orang perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan
kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran tematik terpadu berbasis
lingkuangan. Aktivitas belajar siswa yang diamati yaitu visual activities, oral
activities, writing activities, dan listening activities. Peningkatan aktivitas belajar
siswa terlihat pada siklus 1 dengan rata-rata 74,97 pada siklus 2 menjadi 88,5.
Peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siklus 1 dengan rata-rata 58,85
pada siklus 2 menjadi 77,08. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berbasis lingkungan, aktivitas belajar, dan kemampuan berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:43 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3897 |