Analisis Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar

Imam, Hanafi (2016) Analisis Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_IMAM_HANAFI_14147016_5933_2016.pdf] Text
B1_1_IMAM_HANAFI_14147016_5933_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pengambilan
keputusan kepala sekolah yang terlihat dari hasil observasi dan melakukan
wawancara terhadap beberapa orang guru dari sekolah yang berbeda dan dari
berbagai persepsi tentang pengambilan keputusan kepala Sekolah Dasar Negeri
kecamatan Bangkinang Kota kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengambilan keputusan kepala Sekolah Dasar Negeri kecamatan
Bangkinang Kota kabupaten Kampar secara umum dan membandingkan aspek
personal kepala sekolah yaitu gender, usia, pengalaman dan jenis pendidikan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
populasi seluruh guru Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Bangkinang Kota
kabupaten Kampar yang berjumlah 322 guru. Untuk memperoleh sampel dengan
menggunakan statified proportional random sampling dengan strata guru PNS/Non
PNS dan Pria/Wanita dan menghasilkan sampel berjumlah 104 guru yang dijadikan
responden.
Temuan penelitian menyatakan proses pengambilan keputusan kepala SDN
se-kecamatan Bangkinang Kota dengan tingkat capaian rata-rata 81,14. Ditinjau
dari gender, kepala sekolah pria lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian rata-rata
sebesar 0,17 dari wanita. Ditinjau dari usia, kepala sekolah ≤ 54 tahun lebih tinggi
dengan selisih tingkat capaian rata-rata sebesar 0,11 dari > 54 tahun. Ditinjau dari
pengalaman, kepala sekolah TMT ≤ Tahun 2013 lebih tinggi dengan selisih tingkat
capaian rata-rata sebesar 0,38 dari TMT > 2013. Ditinjau dari jenis pendidikan,
administrasi pendidikan lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian sebesar 1,20
dari non administrasi pendidikan. Gaya pengambilan keputusan kepala SDN sekecamatan
Bangkinang Kota dengan tingkat capaian rata-rata 76,61. Ditinjau dari
gender, kepala sekolah pria lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian rata-rata
sebesar 1,26 dari wanita. Ditinjau dari usia, kepala sekolah ≤ 54 tahun lebih tinggi
dengan selisih tingkat capaian rata-rata sebesar 0,49 dari > 54 tahun. Ditinjau dari
pengalaman, kepala sekolah TMT ≤ Tahun 2013 lebih tinggi dengan selisih tingkat
capaian rata-rata sebesar 0,78 dari TMT > 2013. Ditinjau dari jenis pendidikan,
jenis administrasi pendidikan lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian sebesar
4,95 dari non administrasi pendidikan. Efektifitas pengambilan keputusan kepala
SDN se-kecamatan Bangkinang Kota dengan tingkat capaian rata-rata 80,80.
Ditinjau dari gender, kepala sekolah pria lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian
rata-rata sebesar 0,56 dari wanita. Ditinjau dari usia, kepala sekolah ≤ 54 tahun
lebih tinggi dengan selisih tingkat capaian rata-rata sebesar 0,36 dari > 54 tahun.
Ditinjau dari pengalaman, kepala sekolah TMT ≤ Tahun 2013 lebih tinggi tingkat
dengan selisih tingkat capaian rata-rata sebesar 0,51 dari TMT > 2013. Ditinjau dari
jenis pendidikan, administrasi pendidikan lebih tinggi dengan selisih tingkat
capaian sebesar 2,14 dari non administrasi pendidikan

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:42
Last Modified: 17 Mar 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item
View Item