Silviani, Roza (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Aljabar untuk Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ROZA_SILVIANI_54846_1554_2016.pdf [thumbnail of B1_01_ROZA_SILVIANI_54846_1554_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ROZA_SILVIANI_54846_1554_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan salah satunya mempelajari matematika disekolah. Menyadari pentingnya matematika, maka proses pembelajaran matematika yang dilakukan semestinya memungkinkan siswa untuk menumbuhkembangkan sendiri kemampuan berfikirnya. Namun kenyataan dilapangan hal tersebut masih belum maksimal terlaksana karena minimnya bahan ajar yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses berfikir. Oleh sebab itu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika di SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi aljabar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Namun karena kualitas yang dinilai hanya valid dan praktis, maka prosedur pengembangan yang dilakukan hanya sampai tahap develope. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis konsep dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan RPP dan LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi aljabar. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh 1 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika SMP dan 1 orang guru bahasa Indonesia. Uji Coba yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu one-to-one evaluation (evaluasi satu-satu) yang terdiri dari 3 orang siswa dengan kemampuan matematika yang berbeda. Uji praktikalitas oleh1 orang guru matematika dan 3 orang siswa kelas VIII2. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi dan lembar praktikalitas. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil validasi RPP oleh pakar matematika menunjukkan bahwa RPP yang dirancang telah valid ditinjau dari beberapa aspek. Sedangkan hasil validasi oleh praktisi pembelajaran, pakar matematika dan pakar Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa LKS telah valid ditinjau dari beberapa aspek. Sementara itu, berdasarkan hasil uji praktikalitas diketahui bahwa LKS sudah praktis dari aspek kemudahan penggunaan, kesesuaian waktu dan kebermanfaatan LKS. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:42 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3891 |