Saputra, Bobi (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Word Grouping Activities dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Vocabulary Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP Negeri 24 Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_BOBI_SAPUTRA_15155002_2422_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam belajar bahasaInggris belum sepenuhnya memuaskan. Salah satu penyebab adalahdikembangkan dan dimanfaatkan secara optimsl metode pembelajaran yangtersedia oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan menyelidiki hasil belajar dan motivasi peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran word grouping activities. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMPNegeri 24 Kerinci dengan model disain penelitan factorial 2x2. Populasipenelitian adalah peserta didik kelas VII dengan sampel terdiri dari 2 kelas dimana berfungsi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing peserta didik adalah 20 orang. Dalam data penelitian ini dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan anava.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan menggunakan uji-t,menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran word grouping activities lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelompok peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2) Dengan menggunakan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik motivasi tinggi yang menggunakan metode pembelajaran word grouping activities dengan peserta yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. 3) dengan menggunakan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik motivasi rendah yang menggunakan metode pembelajaran word grouping activities dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. 4) tidak terdapat interaksiantara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar setelah dilakukan uji anava.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Word Grouping Activities; Bahasa Inggris; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Vocabulary; Sekolah Menengah Pertama |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/389 |