Kurniawan, Ilhamdi (2012) Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Implementasi KTSP di SMP Negeri 8 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ILHAMDI_KURNIAWAN_51749_3789_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ILHAMDI_KURNIAWAN_51749_3789_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ILHAMDI_KURNIAWAN_51749_3789_2012.pdf
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemanfaatan
perpustakaan sekolah di SMP Negeri 8 Padang sebagai sumber belajar dalam
Implementasi KTSP. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Huberman.
Data dikumpulkan dengan melakukan observasidan wawancara dengan
kepala sekolah, guru dan pengelola perpustakaan dandengan mempelajari
berbagai kegiatan yang ada di lokasi penelitian. Informan dipilih berdasarkan
kepada keluasan pengetahuan mereka tentang situasi dan kondisi latar penelitian.
Banyaknya informan ditambah sesuai dengan prinsip snowball
untuk dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Data diperiksa dengan
melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi
untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan : 1)Perpustakaan SMP Negeri 8 Padang sudah
dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber belajar oleh guru
dan siswa dalam pembelajaran sebagai implementasi KTSP, 2)
Pengelola perpustakaan sekolah memiliki dedikasi dan kemampuan yang
baik dalam mengelola perpustakaan dan memberi pelayanan pada guru
dan siswa untuk peningkatan pembelajaran dalam implementasi KTSP, 3)
Permasalahandiantaranyajumlahbuku-bukudantenagaperpustakaan yang
belummemadai yang manaperlupenambahan
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3886 |