Nurika, Ika (2013) Pengembangan Multimedia Interaktif Model Drill dan Practice materi Metode Mutasi Persediaan Barang Dagang Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IKA_NURIKA_1109850_5340_2013.pdf [thumbnail of B1_1_IKA_NURIKA_1109850_5340_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IKA_NURIKA_1109850_5340_2013.pdf
Download (553kB)
Abstract
Mengelola Kartu Persediaan merupakan mata pelajaran kompetensi
kejuruan Akuntansi adalah materi yang diberikan pada siswa kelas XI. Materi
Mengelola Kartu Persediaan banyak berhubungan dengan materi, praktek kerja
perhitungan persediaan barang dagang dan laporan jurnal. Agar konsep-konsep
materi, praktek kerja dan laporan jurnal dapat mudah dipahami oleh siswa, salah
satu caranya adalah melalui penyampaian materi dan latihan kerja dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi (TIK) yaitu, multimedia
interaktif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur
pengembangan menggunakan 4-D model (four Models), terdiri dari tahap define,
design, develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum
dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan multimedia interaktif
model drill and practice. Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji coba pada
kelas XI Akuntansi SMK Negeri I Pangkalan Lesung, untuk mengetahui
praktikalitas dan efektifitas multimedia interaktif yang dikembangkan. Tahap
disseminate tidak dilakukan. Data yang diperoleh untuk menentukan kevalitan
multimedia interaktif model drill and practice berasal dari lembaran validasi.
Data yang diperlukan untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari angket
praktikalitas guru dan siswa. Data efektifitas diperoleh dari aktivitas siswa dan
hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif model drill and
practice valid, praktis dan efektif. Rata-rata validitas media 83,12%. Praktikalitas
yang diamati ditinjau dari angket praktikalitas untuk guru 92,31% dan untuk siswa
86,17%. Media pembelajaran ini efektif, ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil
belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif model drill
and practice materi metode pencatatan mutasi persediaan barang dagang kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung adalah valid, praktis dan efektif.
ii
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:10 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3870 |