Arzfi, Bima Prakarsa (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Microsoft Sway di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_BIMA_PRAKARSA_ARZFI_21124027_5235_2023.pdf
Download (375kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang disediakan pemerintahmasih berupa buku yang digunakan oleh pendidik dalam mengajar dan belum adanyapenggunaan bahan ajar berbasis digital sebagai pendukung dalam prosespembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik terpadudengan model Problem Based Learning berbasis Microsoft Sway di kelas V SD yangvalid, praktis dan efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research andDevelopment) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIEterdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (Analysis),perancangan(design), pengembangan (development), penerapan (implementation),dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angketrespon dan lembar evaluasi. Teknik analisis data digunakan yaitu skala likert dalamskala 4 (empat) dengan melihat analisis validasi, praktikalitas, danefektivitas.Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Sawahan, SDN 33 Sawahan dan SDPertiwi 3 Kota Padang. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh validatormenggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas V SDN 05 Sawahan, SDN 33 Sawahan dan SD Pertiwi 3 Kota Padang untuk menghasilkan praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, didapatkan hasil tingkat validitas bahanajar tematik terpadu dengan model Problem Based Learning berbasis Microsoft Swaydengan nilai validasi 92,5% dari ahli materi, hasil validasi bahasa mendapatkan nilai 95%, serta validasi media mendapatkan nilai 91% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai rata-rata 93,33% dan respon peserta didik mendapat nilai rata-rata 92,82% dengan kategori sangat praktis. Bahan ajar dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektivitas dilihat dari nilai NGain yaitu 0,77 dengan kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajartematik terpadu dengan model Problem Based Learning berbasis Microsoft Sway dikelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis,dan juga efektif sebagai bahan ajar
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Tematik Terpadu; Microsoft Sway |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 05:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 05:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/387 |