Ifnaldi, Ifnaldi (2014) Upaya Pengembangan Disiplin Siswa oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Pariangan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IFNALDI_1103659_2836_2014.pdf [thumbnail of B1_1_IFNALDI_1103659_2836_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IFNALDI_1103659_2836_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran tentang upaya
pengembangan disiplin siswa oleh guru bimbingan dan konseling meliputi,
penumbuhan disiplin, pemberian contoh disiplin, pembiasaan disiplin, dan
pengawasan disiplin.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui
pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini
adalah guru bimbingan dan konseling yang ada di SMA Negeri 1 Pariangan
berjumlah 3 orang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam
penelitian ini digunakan teknik dan alat pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pemeriksaan
keabsahan data digunakan keterpercayaan (credibility), dapat ditransfer
(transferability), dapat dipegang kebenarannya (dependendability), dapat
dikonfirmasikan (confirmability). Teknik analisis data dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa upaya pengembangan disiplin
yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1
Pariangan adalah dengan penumbuhan disiplin, pemberian contoh,
pembiasaan, dan pengawasan. Penumbuhan disiplin yang dilakukan oleh
guru bimbingan dan konseling adalah melalui layanan orientasi dengan
materi aturan sekolah dan layanan informasi dengan materi perkembangan
remaja. Selanjutnya pemberian contoh disiplin yang dilakukan oleh guru
bimbingan dan konseling adalah dengan memperlihatkan kepada siswa cara
berpakaian rapi, sholat tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya,
tidak berkuku panjang, tidak berambut panjang, mengikuti upacara bendera
setiap hari Senin dan mengikuti kegiatan muhadarah setiap hari Jum’at.
Sedangkan pembiasaan dan pengawasan disiplin yang dilakukan oleh guru
bimbingan dan konseling adalah dengan memberikan penguatan kepada
siswa. Namun, upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling
belum optimal karena masih ditemukan siswa yang tidak disiplin.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 01:21 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3848 |