Idris, Idris (2013) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IDRIS_19088_1272_2013.pdf [thumbnail of B1_1_IDRIS_19088_1272_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IDRIS_19088_1272_2013.pdf
Download (370kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan adanya fenomena
ketidakdisiplinan guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga
pengajar dan pendidik yang professional.Fenomena ini diduga berkaitan dengan
beberapa faktor, misalnya faktor gaya kepemimpinan demokratis dan motivasi
kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi gaya
kepemimpinan demokratis dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Gaya kepemimpinan
demokratis berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, 2) Motivasi kerja
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, 3) Gaya kepemimpinan demokratis dan
motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex
post facto. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru yang berstatus Pegawai
Negeri Sipil di SMP Negeri Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan dengan
jumlah 110 orang.Sampel penelitian 51 orang diseleksi dengan menggunakan
teknik stratified proportional ramdom sampling. Data disiplin kerja guru, gaya
kepemimpinan demokratis dan motivasi kerja dikumpulkan dengan angket model
Skala Likert, yang selanjutnya data yang didapat dianalisis dengan tekhnik
korelasi dan regresi.
Hasil analisis menemukan bahwa : 1) Gaya kepemimpinan demokratis
berkontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 30,90%, 2) Motivasi
kerja berkontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 32,10%,
3) Gaya kepemimpinan demokratis dan motivasi kerja guru secara bersama-sama
berkontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 40,20%.
Penemuan diatas mengimplikasikan bahwa gaya kepemimpinan
demokratis dan motivasi kerja adalah dua faktor penting yang memberikan
kontribusi terhadap disiplin kerja guru. Meskipun demikian, masih banyak faktor
lain yang berkontribusi terhadap disiplin kerja guru yang tidak termasuk dalam
penelitian ini.Kesimpulan penelitian ini adalah gaya kepemimpinan demokratis
dan motivasi kerja merupakan dua diantara beberapa variabel lain yang perlu
diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan disiplin kerja guru SMP Negeri
Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 01:21 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3846 |