Putr:a, Rivo Pratama (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RIVO_PRATAMA_PUTRA_54831_1676_2016.pdf [thumbnail of B1_01_RIVO_PRATAMA_PUTRA_54831_1676_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RIVO_PRATAMA_PUTRA_54831_1676_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Siswa SMP Negeri 7 Padang kurang dapat menyelesaikan soal pemecahan
masalah. Salah satu faktor yang penyebabnya adalah pembelajaran yang
diterapkan guru belum mampu membantu siswa untuk memilih strategi yang
tepat. Model pembelajaran PBL ini membantu mengembangkan kegiatan kreatif
dan pola pikir matematis melalui problem solving secara simultan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melihat pembelajaran dengan model pembelajaran
PBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 7 Padang dengan sampel kelas VIII 3 dan kelas VIII 8.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat hasil kemampuan pemecahan masalah
siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemecahan
masalah. Kemudian data tes dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada
pembelajaran konvensional. Kemudian kemampuan pemecahan masalah siswa
setiap indikator juga meningkat seperti: siswa dapat memahami masalah dengan
baik, siswa dapat memilih strategi yang tepat dalam merencanakan penyelesaian
soal, kemampuan menyelesaikan soal siswa meningkat dan siswa dapat mengecek
kembali jawabannya sudah benar atau tidak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 08:12 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3835 |