Idanofatni,, Idanofatni, (2013) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional dan Iklim Kerjasama terhadap Semangat Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_IDANOFATNI_19087_3363_2013.pdf [thumbnail of B1_1_IDANOFATNI_19087_3363_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_IDANOFATNI_19087_3363_2013.pdf
Download (641kB)
Abstract
Fenomena yang ditemui dilapangan berdasarkan hasil survey awal
diketahui guru tidak bersemangat dan tidak bergairah dalam melaksanakan tugas,
masih ada guru yang melaksanakan tugas atau hadir ke sekolah sewaktu kepala
sekolah berada di sekolah, masih ditemui guru yang kurang disiplin seperti datang
terlambat pada jam pertama, pada pergantian jam mengajar dan mengakhiri
pembelajaran lebih cepat, masih ditemui guru datang ke sekolah bergaya seperti
orang tidak bersemangat seperti berpakaian semaunya, masih ditemui suasana
kerja atau iklim kerja sama di sekolah yang kurang harmonis. Tujuan penelitian
ini adalah 1) kontribusi gaya kepemimpinan situasional terhadap semangat kerja
guru, 2) kontribusi iklim kerjasama terhadap semangat kerja guru, 3) kontribusi
gaya kepemimpinan situasional dan iklim kerjasama secara bersama-sama
terhadap semangat kerja guru SMPN Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui
pendekatan kontribusi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP
Negeri di Kecamatan Sangir yang telah berstatus PNS sebanyak 96 orang. Teknik
pengumpulan sampel yaitu stratified random sampling didapatkan sampel
sebanyak 45 orang. Instrument penelitian menggunakan angket dengan model
skala likert. Analisis data secara deskripsi data, uji persyaratan analisis dan
pengujian hipotesis yang diolah dengan menggunakan komputer SPSS versi 17.
Hasil penelitian ini menggambarkan gaya kepemimpinan situasional
berkontribusi terhadap semangat kerja guru SMP Negeri Kecamatan Sangir
Kabupaten Solok Selatan sebesar 16,2%, iklim kerjasama berkontribusi terhadap
semangat kerja guru SMP Negeri Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan
sebesar 18,6%, gaya kepemimpinan situasional dan iklim kerjasama secara
bersama-sama berkontribusi terhadap semangat kerja guru sebesar 39,8%. Hal ini
menjelaskan bahwa untuk meningkatkan semangat kerja guru yang baik dan ideal
sebaiknya dilakukan melalui peningkatan iklim kerja dan daya kepemimpinan
situasional.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 15 Mar 2025 00:41 |
Last Modified: | 15 Mar 2025 00:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3834 |