Nopredi, Basrul (2022) Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru Guru SD Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_BASRUL_NOPREDI_18147017_5833_2022.pdf
Download (743kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi secara umum dan survei awal di lapangan,pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatanterkesan belum baik. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu akan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan. Setelah diprediksi, kondisi tersebutdisebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor kompetensi pedagogik dankepemimpinan trasformasional kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan dan menganalisis seberapa besar (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (2) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah melaluikompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 426 orang, sedangkan sampel berjumlah 125 orang yang ditetapkan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan strata yang digunakan adalah strata jenjang pendidikan dan masa kerja. Data diperoleh dengan menggunakan angketskala likert yang telah diuji kesahihan dan keandalannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 23,6%. (2)Kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh terhadap Pelaksanaan tugas guru secara signifikan sebesar 27,2%, sedangkan (3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui Kompetensi pedagogik Guru berpengaruh terhadap Pelaksanaan tugas guru sebesar 64%. Analisis data tesebut, telah menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Untuk meningkatkan pelaksanaan tugas guru guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan melalui kompetensi pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala sekolah secara baik dan bertanggungjawab.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional; Kompetensi Pedagonik Guru; Pelaksanaan Tugas; Kepala Sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/383 |