Purnamasari, Ica (2013) Hubungan Motivasi Pengelola dengan Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ICA_PURNAMASARI_1103713_3896_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ICA_PURNAMASARI_1103713_3896_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ICA_PURNAMASARI_1103713_3896_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya motivasi pengelola untuk
mengelola sarana prasarana pendidikan anak usia dini. Hal ini terlihat pada alat
permainan edukatif indoor daan outdoor yang tidak memadai sehingga
pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk:
mendeskripsikan motivasi pengelola pendidikan anak usia dini, mendeskripsikan
pengelolaan sarana prasarana dan melihat hubungan motivasi pengelola dengan
pengelolaan sarana prasarana pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kaur
Provinsi Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, populasi dalam
penelitian ini adalah pengelola pendidikan anak usia dini yang berjumlah 55
orang, berdasarkan jumlah populasi maka sampel adalah sebanyak 29 orang
dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling yaitu penerikan sampel
bertingkat dengan cara acak, teknik pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan rumus persentase dan Korelasi Spearman.
Hasil penelitian menemukan bahwa: motivasi pengelola pendidikan anak
usia dini sangat rendah, baik itu dari segi keinginan untuk berhasil, kemampun
bekerja keras, tanggung jawab, kegigihan dalam bekerja dan tekun mengerjakan
tugas, pengelolaan sarana prasarana pendidikan anak usia dini sangat tidak baik,
baik dari segi perencanan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan maupun
evaluasi. Terdapat hubungan yang sinifikan antara motivasi pengelola dengan
pengelolaan Sarana prasarana pendidikan anak usia dini, hal ini terbukti bahwa
rhitung > rtabel. Dalam pengelolaan sarana prasarana perlu adanya motivasi
pengelolaan yang tinggi karena hal ini sangat mempengaruhi lengkap tidaknya
alat permainan edukatif di PAUD, karena semakin rendah motivasi maka semakin
tidak baik pula pengelolaan sarana prasarana PAUD
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:54 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3826 |