Pengaruh Pembelajaran Bermodul dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA N 3 Tualang

Huzaipah, Huzaipah (2014) Pengaruh Pembelajaran Bermodul dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA N 3 Tualang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HUZAIPAH_1109849_1006_2014.pdf] Text
B1_1_HUZAIPAH_1109849_1006_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah masih rendahnya hasil belajar Fisika
kelas XI IPA di SMA Negeri 3 tualang. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh siswa yang masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal
sehingga hasil belajar belumlah mencapai apa yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Pembelajaran
Bermodul dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika melalui empat rumusan
masalah: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan
pembelajaran bermodul dari pada siswa yang diajar dengan cara klasikal pada
mata pelajaran Fisika?, (2) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran
bermodul dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika? (3) apakah siswa
yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang diajar dengan pembelajaran
bermodul memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai
motivasi belajar tinggi yang diajar dengan cara klasikal?, (4). ) apakah siswa
yang mempunyai motivasi belajar rendah yang diajar dengan pembelajaran
bermodul memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai
motivasi belajar rendah yang diajar dengan cara klasikal?.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen,
populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 tualang.
Setelah dilakukan pengundian diperoleh siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi dan tes objektif hasil
belajar berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan
pembelajaran bermodul memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada
siswa yang belajar dengan cara klasikal. Tidak terdapat interaksi antara
pembelajaran bermodul dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Siswa
yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan pembelajaran bermodul
memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki
motivasi tinggi yang diajar dengan cara klasikal. Siswa yang memiliki motivasi
rendah yang belajar dengan pembelajaran bermodul memperoleh hasil belajar
yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar
dengan cara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa pembe;ajaran bermodul
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:23
Last Modified: 14 Mar 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item
View Item