Rain, Hotting (2011) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Keterampilan Menulis Teks Percakapan Siswa kelas VIII-8 SMPN 9 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HOTTING_RAIN_51918_5920_2012.pdf [thumbnail of B1_1_HOTTING_RAIN_51918_5920_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HOTTING_RAIN_51918_5920_2012.pdf
Download (171kB)
Abstract
Permasalahan utama pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah terdeteksi
dari masih rendahnya keterampilan tata cara penulisan yang benar dan masih
lemahnya daya imaginasi siswa menyebabkan teks percakapan ditulis terbatas.
Rendahnya keterampilan tata tulis dan imaginasi tersebut dipengaruhi oleh
frekwensi latihan menulis jarang sekali. Kondisi utama penyebabnya adalah
penggunaan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran luput dari aktivtas
pembelajaran. Membaca fenomena keterampilan menulis teks percakapan bagi
siswa kelas VIII-8 SMPN 9 Pekanbaru pada saat itu, menunjukkan bahwa nilai
ketuntasan minimal masih jauh dari target rata-rata ketuntasan belajar sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media
gambar dalam meningkatkan aktivitas keterampilan menulis siswa setempat dan
mengetahui hasil belajar mereka. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 melalui 4 (empat) kali pertemuan (2
siklus). Data lapangan dikumpulkan melalui lembar observasi dan lembar jawaban
atau hasil test siswa.
Dari data lapangan terungkap bahwa aktivitas keterampilan menulis test
menulis percakapan semakin baik setelah pembelajaran menggunakan media
gambar sebagai alat bantu utama, demikian juga nilai hasil test siswa. Indikator ini
terlihat dari peningkatan diukur dari titik nol adalah test tahap awal (orientasi)
hanya memperoleh hasil jauh dibawah target. Setelah dilakukan tindakan pada 2
(dua) kali pertemuan pada Siklus I, aktivitas meningkat dengan rata-rata hasil
belajar meningkat akan tetapi tetap berada dibawah target, keberhasilan ini
menempatkan pada kategori cukup baik. Kelemahan tersebut diperbaiki mulai dari
rencana pembelajaran sampai pada tindakan belajar, sehingga tindakan pada
siklus II (2 kali pertemuan), hasil belajar melebihi target ketuntasan belajar
sekolah.
Berdasarkan analisis di atas disimpulkan bahwa penggunaan media
gambar dapat meningkatkan aktivitas keterampilan menulis teks percakapan dan
hasil belajar siswa Kelas VIII-8 SMPN 9 Pekanbaru. Untuk itu, penelitian ini
dapat dijadikan rujukan untuk praktik pembelajaran bahasa Indonesia lainnya
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:20 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3820 |