Pengaruh Strategi PQ4R dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kepenuhan Rohul

Skumbang, Hotnida (2013) Pengaruh Strategi PQ4R dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kepenuhan Rohul. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HOTNIDA_SIKUMBANG_1109848_1002_2014.pdf] Text
B1_1_HOTNIDA_SIKUMBANG_1109848_1002_2014.pdf

Download (520kB)

Abstract

Fenomena ditemui di lapangan bahwa masih rendahnya hasil belajar IPS
siswa SMP Negeri 3 Kepenuhan Rohul masih berada di bawah KKM yang telah
ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pengggunaan
strategi PQ4R dan konvensional terhadap hasil belajar IPS, (2) tidak terdapat
interaksi antara penggunaan strategi PQ4R dan pengetahuan awal belajar terhadap
hasil belajar.(3) pengaruh penggunaan strategi PQ4R dan strategi konvensional di
lihat dari pengetahuan awal tinggi terhadap hasil belajar, (4) pengaruh penggunaan
strategi PQ4R di bandingkan strategi konvensional dilihat dari pengetahuan awal
rendah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kepenuhan Rokan
Hulu Riau.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian ini ditetapkan
strategi belajar yang berbeda yaitu menggunakan strategi PQ4R dalam pembelajaran
IPS disain penelitian yang digunakan adalah treatment by block design 2X2. Populasi
dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas. pengembangan
instrumen bentuk instrumen dilakukan uji instrumen hasil belajar menggunakan uji
validitas, realibilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yaitu
deskripsi data, uji persyaratan dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar IPS siswa yang
diajarkan dengan menggunakan strategi PQ4R lebih tinggi daripada siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat interaksi antara
strategi PQ4R dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Kepenuhan Rokan Hulu Riau.(3)Terdapat perbedaan signifikan antara hasil
belajar IPS siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi PQ4R
daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. (4)Terdapat
perbedaan antara hasil belajar IPS siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar
dengan menggunakan strategi PQ4R daripada siswa yang diajar dengan strategi
pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:17
Last Modified: 14 Mar 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item
View Item