Kontribusi Disiplin Kerja dan Iklim Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Lengayang di Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Armida, Armida (2013) Kontribusi Disiplin Kerja dan Iklim Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Lengayang di Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARMIDA_59911_3625_2013.pdf] Text
B1_1_ARMIDA_59911_3625_2013.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pelaksanaan Tugas Guru merupakan kewajiban dalam mencapai fungsi
dan tujuan pendidikan yang lebih baik. Guru, tidak hanya mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi hasil belajar, tapi guru
juga harus mampu mempersiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan. Berdasarkan pra survey di SMP Negeri Kecamatan Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan, pelaksanaan tugas guru belum optimal. Kondisi ini
disebabkan oleh beberapa faktor, tapi yang paling dominan adalah faktor disiplin
kerja dan iklim sekolah.
Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk mengungkapkan
kontribusi disiplin kerja dan iklim sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru di
SMP Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa :1) kontribusi
disiplin kerja terhadap pelaksanaan tugas guru, 2) kontribusi iklim sekolah
terhadap pelaksanaan tugas guru, 3) kontribusi disiplin sekolah dan iklim sekolah
secara bersama-sama terhadap pelaksanaan tugas guru di SMP Negeri Kecamatan
Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri yang
PNS di Kecamatan lengayang yang berjumlah 134 orang. Sampel penelitian
menggunakan stratified proportional random sampling didapatkan sampel
sebanyak 56 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner dengan
menggunakan skala likert,yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini
dianalisis secara statistic dengan menggunakan tehnik korelasi dan regresi yang
diolah menggunakan computer versi 17.00.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Disiplin kerja berkontribusi
terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 14,4%,
Iklim sekolah
berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Kecamatan Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 13,2%. Disiplin kerja dan iklim
sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru
sebesar 19,9%. Penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan
pelaksanaan tugas guru harus dilakukan dengan meningkatkan disiplin kerja dan
iklim sekolah yang konduksif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 04:18
Last Modified: 14 Mar 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item
View Item