Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada SMP Negeri 1 Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir

Fathurrahman, Fathurrahman (2015) Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada SMP Negeri 1 Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FATHURRAHMAN_1109843_3167_2018.pdf] Text
B1_01_FATHURRAHMAN_1109843_3167_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Keritang yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana pelaksanaan pembelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, sampai dengan kegiatan evaluasi hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang pengambilan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai informan utama, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama perencanaan pembelajaran
kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi SMPN 1 Keritang belum sepenuhnya dikembangkan sesuai dengan standar proses dan karakter, kondisi, serta kebutuhan siswa, kedua, pelaksanaan pembelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi SMPN 1 Keritang belum terlaksana dengan efektif dan optimal, mulai dari membuka pembelajaran, melaksanakan kegiatan inti sampai dengan menutup pembelajaran. Di samping itu guru juga masih jarang menggunakan media dan metode yang variatif, ketiga, penilaian hasil belajar kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi SMPN 1 Keritang sudah dilakukan cukup baik, namun masih ada teknik, dan instrumen penilaian
yang belum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan standar penilaian.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 04:18
Last Modified: 14 Mar 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item
View Item