Armiyati, Armiyati (2011) Kontribusi Budaya Organisasi dan Pelaksanaan Supervisi Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ARMIYATY_10602_3129_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ARMIYATY_10602_3129_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ARMIYATY_10602_3129_2012.pdf
Download (168kB)
Abstract
Berdasarkan hasil prapenelitian terhadap sejumlah guru SD Negeri di
Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, ditemukan adanya fenomena
belum maksimalnya kinerja guru, seperti pembuatan perangkat pembelajaran dan
pelaksanaan pembelajaran belum memenuhi standar yang diharapkan. Fenomena
ini diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya faktor budaya organisasi
dan pelaksanaan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
kontribusi faktor budaya organisasi dan pelaksanaan supervisi terhadap kinerja
guru. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) budaya organisasi berkontribusi terhadap
kinerja guru, 2) pelaksanaan supervisi berkontribusi terhadap kinerja guru; dan 3)
budaya organisasi dan pelaksanaan supervisi secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan
Lubuk Sikaping yang telah PNS. Jumlah populasi adalah 151 orang dan sampel
62 orang yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling.
Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: variabel budaya organisasi
berkontribusi sebesar 7,7% terhadap kinerja guru, variabel pelaksanaan supervisi
memberikan kontribusi sebesar 6,9% terhadap kinerja guru. Secara bersama-sama,
konstribusi budaya organisasi dan pelaksanaan supervisi terhadap kinerja guru
adalah 13,7%. Tingkat pencapaian skor budaya organisasi berada pada kategori
cukup (77,64%), pelaksanaan supervisi berada pada kategori baik (82,63%) dan
kinerja guru berada pada kategori kurang baik (63,16%). Hal ini berarti bahwa
budaya organisasi dan pelaksanaan supervisi merupakan dua variabel, di samping
variabel lain, yang perlu diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan kinerja
guru SD Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:12 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3799 |