Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Diri dan Lingkungan Menuju Arah Karier Siswa

Fadhilah, Hilyati (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Diri dan Lingkungan Menuju Arah Karier Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HILYATI_FADHILAH_1200024_599_2020.pdf] Text
B1_1_HILYATI_FADHILAH_1200024_599_2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih kurangnya minat
belajar serta kebingungan siswa dalam tujuan karier di masa akan datang, Hal ini
dapat berpengaruh negatif pada diri siswa dan rencana karier di masa akan datang.
Bimbingan dan konseling dengan segenap pelayanan mempunyai peran dan tugas
dalam meningkatkan perencanaan karier siswa. bimbingan kelompok, siswa akan
diberikan pengetahuan dalam meningkatkan perencanaan karier. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan perencanaan karier siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuntitatif dengan pendekatan pre eksperimen
melalui rancangan The one pretest Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X SMK N 1 Padang. Data mengenai perencanaan karier siswa
diperoleh melalui angket dengan menggunakan model skala likert, kemudian
dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS
versi 20.00.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan skor yang signifikan
perencanaan karier siswa sebelum dan sesudah kegiatan bimbingan kelompok.
Penelitian dapat disimpulkan perencanaan karier siswa dapat ditingkatkan melalui
layanan bimbingan kelompok. Temuan penelitian ini dapat diimplikasikan
terhadap bimbingan dan konseling berupa program layanan bimbingan kelompok
untuk meningkatkan perencanaan karier siswa, terkait dengan pemahaman
terhadap diri dan pemahaman terhadap lingkungan dalam rencana karier. Agar
siswa dapat meningkatkan perencanaan kariernya disarankan kepada guru BK
untuk dapat melaksanakan secara optimal layanan bimbingan kelompok secara
berkelanjutan dan lebih terencana

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:15
Last Modified: 14 Mar 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item
View Item