Yus, Hiliyati (2013) Pengaruh Media Powerpoint dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri 82 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HILIYATI_YUS_1109847_6752_2013.pdf [thumbnail of B1_1_HILIYATI_YUS_1109847_6752_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HILIYATI_YUS_1109847_6752_2013.pdf
Download (387kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya perbedaan
hasil belajar IPA dengan menggunakan media powerpointdan media gambar; (2)
perbedaan hasil belajar IPA siswa denganmenggunakan media power point dan
media gambar (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan pengetahuan awal
rendah yang diajar dengan menggunakan media powerpointdan media gambar; (4)
interaksi antara penggunaan media powerpointdengan pengetahuan awal siswa
terhadap hasil belajar.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 82
Pekanbaru.Sampel penelitian dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposif
Random Sampling. Dari pemilihan diperoleh kelas Va sebagai kelas eksperimen,
kelas Vb kelas eksprimen dan kelas Vc sebagai kelas uji coba. Penelitian ini
adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian treatmen by block design 2 x 2,
dan diselenggarakan pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif dan dianalisis dengan t-test dan
Anava.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang diajar
dengan media pembelajaran power point lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa
yang diajar dengan media pembelajaran gambar, baik pada kelompok siswa
dengan pengetahuan awal tinggi maupun kelompok siswa dengan pengetahuan
awal rendah. Penerapan media pembelajaran powerpointdapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian ini
menunjukkan tidak terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran
powerpointdengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA artinya media pembelajaran powerpointdapat diterima untuk semua
kalangan baik pada siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:53 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3787 |