Hambatan Penulisan Karya Ilmiah yang Dialami Guru- Guru SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota

Reta, Hidwan (2010) Hambatan Penulisan Karya Ilmiah yang Dialami Guru- Guru SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HIDWAN_RETA_62340_3126_2012.pdf] Text
B1_1_HIDWAN_RETA_62340_3126_2012.pdf

Download (68kB)

Abstract

Dari fenomena yang ada, banyak guru-guru yang mengalami stagnasi
kepangkatan di golongan IV/a. Hal ini disebabkan guru harus dapat mengumpulkan
12 angka kredit dari kegiatan pengembangan profesi. Salah satu bentuk kegiatan
dalam pengembangan profesi tersebut adalah menulis karya ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat
bagi guru-guru SMA negeri 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota
dalam menulis karya tulis ilmiah. peranan kepala sekolah dalam memberikan
bimbingan penulisan karya ilmiah kepada guru yang bergolongan IV/a, dan peranan
Kantor Dinas Pendidikan dalam memberikan pembinaan terhadap guru yang telah
memiliki golongan IV/a dalam menulis karya ilmiah. Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan metode kualitatif. Informannya adalah kepala sekolah, 3 orang wakil
kepala sekolah dan 13 orang guru-guru yang telah bergolongan IV/a, serta 1 orang
pengawas SMP/SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota dan 1 orang
Kepala Bidang SMP/SMA Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil temuan menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan
guru-guru yang bergolongan IV/a tidak menulis karya ilmiah. Secara garis besar
faktor-faktor tersebut dapat dibagi atas dua bahagian, yaitu, (1) faktor internal seperti,
(a) kurang memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah, (b) malas, (2) faktor
eksternal seperti, (a) kurang memiliki kemampuan dalam mengelola waktu, (b)
masalah keuangan, (c) kurang tersedianya buku-buku referensi di sekolah, (d) tidak
adanya acuaan yang jelas untuk menulis sebuah karya ilmiah yang akan dibuat, (e)
tidak adanya bimbingan dalam penulisan karya ilmiah terhadap guru-guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:35
Last Modified: 14 Mar 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item
View Item