Kontribusi Self-Esteem dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh

Hasanah, Hidayatul (2021) Kontribusi Self-Esteem dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HIDAYATUL_HASANAH_16151022_19_2022.pdf] Text
B1_1_HIDAYATUL_HASANAH_16151022_19_2022.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya resiliensi akademik siswa
pada masa pembelajaran daring/jarak jauh. Self-esteem dan dukungan sosial
orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) self-esteem, dukungan sosial orangtua
dan resiliensi akademik, (2) kontribusi self-esteem terhadap resiliensi akademik,
(3) kontribusi dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi akademik, dan (4)
kontribusi self-esteem dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama
terhadap resiliensi akademik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri Agam
Cendekia sebanyak 173 orang, yang dipilih melalui teknik proportional stratified
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah inventori self-esteem, skala
dukungan sosial orangtua dan skala resiliensi akademik dengan model Likert.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan
regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan tingkat selfesteem,
dukungan sosial orangtua dan resiliensi akademik siswa pada
pembelajaran daring/jarak jauh berada pada kategori sedang, (2) self-esteem
berkontribusi secara signifikan terhadap resiliensi akademik siswa pada
pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 43%, (3) dukungan sosial orangtua
berkontribusi secara signifikan terhadap resiliensi akademik siswa pada
pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 56,8%, (4) self-esteem dan dukungan
sosial orangtua secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap
resiliensi akademik siswa pada pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 65%.
Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk
membuat program layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri Agam
Cendekia.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Self-esteem, Dukungan Sosial Orangtua, Resiliensi Akademik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:27
Last Modified: 14 Mar 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item
View Item