Hidayati, Hidayati (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Xi SMK Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HIDAYATI_19155013_2421_2022.pdf [thumbnail of B1_1_HIDAYATI_19155013_2421_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HIDAYATI_19155013_2421_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di sekolah berkaitan
langsung dengandiri sendiri dan negara. Pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan akan memberikan bekal pengalaman secara langsung pada
siswa agar terbentuk sikap kritis, ilmiah, kreatif, serta tanggap terhadap
permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat
memperoleh hasil belajar yang baik. Selain itu, melalui pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) siswa akan memperoleh bekal pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memahami dan menyesuaikan diri
terhadap fenomena dan perubahan-perubahan di lingkungan sekitar dirinya. Oleh
karena itu, penting mempelajari pendidikan kewarganegaraan ketika SMA/ SMK.
Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1)
Bagaimana proses pengembangan multimedia interkatif padapembelajaran
Kewarganegraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein yang
valid(2) Bagaimana praktilitas multimedia interkatif pada pembelajaran
Kewarganegaraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein (3)
Bagaimana efektivitas pengembangan multimedia interkatif pada pembelajaran
Kewarganegraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein.
Pengembangan multimedia interktif ini menggunakan Interactive
Multimedia (IMM) Development model yang dikembangkan oleh Rob Philips
yang terdiri dari lima langkah yaitu Analysis, Desaign, Develop, Evaluation and
Implementation. Validitas diuji dari 3 aspek yaitu aspek media, materi dan bahasa.
Praktikalitas diuji dari respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas
dilihat dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
Hasil rata-rata validitas produk mendapat nilai 83,95% kategori sangat
valid, rata-rata paktikalitas respon siswa 84,81% kategori sangat praktis. Rata-rata
praktikalitas guru 79,33% kategori praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas dari
hasil belajar siswa didapat rata-rata 80,13 kategori efektif dan nilai aktivitas siswa
95,11% kategori sangat efektif. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa
multimedia interkatif pembelajaran kewarganeraan kelas XI SMK Kabupaten
Padang Pariaman dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 02:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3780 |