Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi

Erianti, Eti (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ETI_ERIANTI_14124021_010_2017.pdf] Text
B1_01_ETI_ERIANTI_14124021_010_2017.pdf

Download (595kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD karena kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru. Siswa belum diberi pengetahuan yang cukup tentang cara penyelesaian pemecahan masalah matematika. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan permasalahan tersebut adalah dengan Model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkap pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gender
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini siswa SDN 03 Pakan Kurai Kota
Bukittinggi Semester 2 Tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV A dan IV C SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling Untuk mendapat data penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah
matematika. Data yang terkumpul dianalisi dengan uji Mann Whitney U-test. Data penelitian dianalisis dan hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa laki-laki yang diberi pembelajaran konvensional, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa
perempuan yang diberi pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gender dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:01
Last Modified: 14 Mar 2025 02:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item
View Item