Irdawati, Azian (2022) Efektivitas Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemecahan Masalah Konseptual Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AZIAN_IRDAWATI 17124079_5175_2022.pdf [thumbnail of B1_01_AZIAN_IRDAWATI 17124079_5175_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AZIAN_IRDAWATI 17124079_5175_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya pembelajaran yang konkret dan efektif berdasarkan kurikulum 2013 serta pemilihan pendekatan pembelajaran yang belum sesuai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pendekatan RME berpengaruh terhadap pemecahanmasalah konseptual siswa di SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk SSR. Desain pada penelitian iniyaitu A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat 3 kondisi yaitu Baseline (A1), Internevi(B) dan Baseline (A2).Subjek penilitian yang digunakan yaitu subjek tunggal seorang siswa kelas IV sdn 01 Matua, Kabupaten Agam. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Basline (A1) 41%, 50%,50% dan 50%. Intervensi (B) diperoleh 58%, 66% 75%, 83%, 85%, 91%, 91%,100%, 100%, 100%. Baseline (A2) diperoleh 50%, 58%, 58% dan 58%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efeltif terhadap pemecahan masalah konseptual siswa kelas IV SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan terhadap pemahaman konseptual siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME); Pemecahan Masalah Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/373 |