Iswari, Arni (2010) Pengaruh Pembelajaran dengan Media Komputer dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 2 Dumai). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ARNI_ISWARI_11114_3564_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ARNI_ISWARI_11114_3564_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ARNI_ISWARI_11114_3564_2012.pdf
Download (63kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap :(1) Perbedaan hasil belajar mata
pelajaran matematika siswa yang diajar dengan media komputer dan siswa yang diajar
dengan media sederhana; (2) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran matematika
kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajar dengan media komputer dan
hasil belajar mata pelajaran matematika kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi
yang diajar dengan media sederhana; (3) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran
matematika kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajar dengan media
komputer dan hasil belajar mata pelajaran matematika kelompok siswa dengan motivasi
belajar rendah yang diajar dengan media sederhana; (4) Ada tidaknya interaksi antara
media komputer dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran
matematika.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Dumai. Sampel
penelitian dipilih secara random. Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai
terdiri dari 5 kelas. Dari hasil undian yang dilakukan diperoleh kelas X5 dengan jumlah
34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X2 dengan jumlah 34 orang sebagai kelas
eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian
faktorial 2x2 dan diselenggarakan pada semester II tahun pelajaran 2009/2010. Data
dikumpulkan melalui angket yang disusun berpedoman kepada skala Likert dengan
alternatif jawaban SL, SR, KD, JR dan TP, serta tes hasil belajar. Data yang terkumpul
dianalisis dengan uji-t dan Anava. Hasil analisis data menunjukkan bahwa :(1) hasil
belajar mata pelajaran matematika siswa yang diajar dengan media komputer
memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan media
sederhana; (2) hasil belajar mata pelajaran matematika kelompok siswa dengan motivasi
belajar tinggi yang diajar dengan media komputer lebih tinggi dari pada hasil belajar
mata pelajaran matematika kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajar
dengan media sederhana; (3) hasil belajar mata pelajaran matematika kelompok siswa
dengan motivasi belajar rendah yang diajar dengan media komputer lebih tinggi dari
pada hasil belajar mata pelajaran matematika kelompok siswa dengan motivasi belajar
rendah yang diajar dengan media sederhana; (4) tidak terdapat interaksi antara media
komputer dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 07:00 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3729 |