Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang

Anggraini, Reri Seprina (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RERI_SEPRINA_ANGGRAINI1205531__4199_2016.pdf] Text
B1_01_RERI_SEPRINA_ANGGRAINI1205531__4199_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 12 Padang, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa belum berkembang dengan optimal. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung suka untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7e. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 12 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang yang berjumlah 346 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas X 7 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X 9 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran learning cycle 7e lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 12 Padang untuk taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2025 04:37
Last Modified: 13 Mar 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item
View Item