Roza, Aslina (2020) Model Manajemen Pembelajaran pada Sekolah Penyelenggara Inklusi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASLINA_ROZA_17147006_1463_2020.pdf [thumbnail of B1_1_ASLINA_ROZA_17147006_1463_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASLINA_ROZA_17147006_1463_2020.pdf
Download (527kB)
Abstract
Secara umum manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi
belum terlaksana dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan
model manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi yang dapat
dijadikan salah satu rujukan kepala sekolah, guru kelas, dan Guru Pendamping
khusus (GPK) dalam pengelolaan pembelajaran bagi ABK. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah: (1)
deskripsi potensi pengembangan model, (2) pengumpulan data, (3) studi literatur,
(4) desain model, (5) focus group discussion, (6) revisi desain model, (7) validasi
desain model oleh ahli, dan (8) revisi II/ finalisasi model. Informan penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru kelas, dan GPK. Data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: Manajemen pembelajaran di SDN 33 Payakumbuh
pada umumnya belum terlaksana dengan maksimal. Masih terdapat beberapa
kegiatan yang tidak terkelola dengan baik oleh guru kelas dan GPK, terutama
pada identifikasi-asesment ABK, modifikasi kurikulum, pengembangan
keterampilan hidup (life skill), dan evaluasi pembelajaran ABK. Pengembangan
model manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi yang
dihasilkan berupa buku panduan bagi guru kelas dan GPK dalam melaksanakan
manajemen pembelajaran di kelas inklusi dengan lebih efektif. Model ini terdiri
dari 3 tahap kerja: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi.
Direkomendasikan kepada kepala sekolah, guru, dan GPK pada sekolah
penyelenggara inklusi untuk menjadikan model ini sebagai salah satu rujukan
dalam mengelola pembeajaran ABK pada sekolah penyelenggara inklusi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3714 |