Hadi, Asma (2011) Kontribusi Supervisi dan Kredibilitas Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASMA_HADI_10604_2968_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ASMA_HADI_10604_2968_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASMA_HADI_10604_2968_2012.pdf
Download (188kB)
Abstract
Kinerja guru yang tinggi diperlukan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan di
sekolah. Berdasarkan pengamatan awal pada semua SD Negeri di Kecamatan Dua Koto
Kabupaten Pasaman teramati kinerja guru secara umum rendah. Kondisi ini dikhawatirkan
berdampak kurang baik terhadap pencapaian mutu pendidikan di masa akan datang. Belum
baiknya kinerja sekolah dasar negeri di Kecamatan Dua Koto diduga dipengaruhi oleh berbagai
faktor antara lain supervisi kepala sekolah dan kredibuilitas kepemimpinan kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi supervisi dan kredibilitas
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Dua Koto
Kabupaten Pasaman. Tiga hipotesis yang diuji. 1) Supervisi kepala sekolah berkontribusi
terhadap kinerja guru, 2) kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap
kinerja guru, dan 3) supervisi dan kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah secara bersama
sama berkontribusi terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar Negeri Kecamatan Dua Koto
Kabupaten Pasaman sebanyak 110 orang. Sampel penelitian sebanyak 58 orang yang diambil
dengan menggunakan tekhnik Stratified Proportional Random Sampling dengan model skala
Likert. Angket telah diuji cobakan dan telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis
dengan terknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Supervisi kepala sekolah berkontribusi sebesar
28,4% terhadap kinerja guru, 2) kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar
16,9%. terhadap kinerja guru, 3) supervisi dan kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah secara
bersama-sama berkontribusi sebesar 41,6%.terhadap kinerja guru.
Kenyataan di atas menunjukkan bahwa kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Dua Koto
Kabupaten Pasaman dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan pelaksanaan supervisi kepala
sekolah dan kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah. Namun di samping itu tentu masih
banyak faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Diharapkan dapat diungkap oleh
peneliti selanjutnya.
Dapat disarankan seluruh kepala sekolah supaya selalu memperhatikan dan melaksanakan
supervisi serta menindak lanjuti hasil supervisinya. Kepala sekolah juga dituntut dalam
kepemimpinan agar memiliki kredibilitas yang tinggi agar dapat terwujud tujuan pendidikan
disekolah melalui peningkatan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3713 |