Asman, Asman (2011) Kontribusi Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dasar dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASMAN_10605_3780_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ASMAN_10605_3780_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASMAN_10605_3780_2012.pdf
Download (94kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan terbatas, ditemukan adanya fenomena
kurangnya kompetensi manajerial kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten
Pasaman. Kondisi ini diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya faktor
motivasi kerja kepala sekolah dasar dan kepemimpinan kepala UPTD Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi faktor motivasi kerja
kepala sekolah dasar dan kepemimpinan kepala UPTD Pendidikan terhadap
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Pasaman.
Hipotesis yang diajukan adalah: 1) motivasi kerja kepala sekolah dasar
berkontribusi terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dasar, 2)
kepemimpinan transformasional kepala UPTD Pendidikan berkontribusi terhadap
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar, dan 3) motivasi kerja kepala sekolah
dasar dan kepemimpinan transformasional kepala UPTD Pendidikan secara
bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dasar.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala SD negeri di Kabupaten
Pasaman dengan jumlah 244 orang. Sampel penelitian 78 orang diseleksi dengan
teknik stratified proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan
dengan angket model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum, pencapaian skor
motivasi kerja kepala sekolah dasar sebesar 66,22% (cukup baik), kepemimpinan
transformasional kepala UPTD Pendidikan sebesar 68,08% (cukup baik), dan
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar sebesar 66,19% (cukup baik). Variabel
motivasi kerja kepala sekolah dasar berkontribusi sebesar 17,6% terhadap
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar dan variabel kepemimpinan
transformasional kepala UPTD Pendidikan berkontribusi sebesar 20,1% terhadap
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar. Secara bersama-sama, kontribusi
motivasi kerja kepala sekolah dasar dan kepemimpinan transformasional kepala
UPTD Pendidikan terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dasar sebesar
26,4%. Simpulan penelitian ini adalah motivasi kerja kepala sekolah dasar dan
kepemimpinan transformasional kepala UPTD Pendidikan merupakan
dua
variabel, di samping variabel lain, yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan
kompetensi manajerial kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Pasaman.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3710 |