Lathifa, Auladina (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_AULADINA_LATHIFA_20151004_4559_2023.pdf
Download (674kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Pertiwi1 Padang yaitu rendahnya kepercayaan diri yang dimiliki siswa dalam belajar, iniditunjukkan pada proses belajar mengajar di kelas terdapat siswa yang engganuntuk merespon guru, merasa cemas, dan merasa rendah diri ketika akanmengeluarkan pendapat dan apabila dihadapkan pada kondisi ini siswa mudahbingung dan akhirnya menarik diri dari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan gambaran kepercayaan diri siswa, mendeskripsikan tingkatkepercayaan diri siswa kelompok eksperimen, mendeskripsikan tingkatkepercayaan diri siswa kelompok kontrol dan menganalisis perbedaan tingkatkepercayaan diri siswa kelompok eksperimen melalui konseling kelompok REBTdengan kelompok kontrol tanpa konseling kelompok REBT.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitianquasi exsperiment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol.Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel denganteknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu angket kepercayaan dirisiswa dengan pengukuran menggunakan Skala likert, data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 20.00.Hasil penelitian menunjukkan gambaran kepercayaan diri siswa SMAPertiwi 1 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase 76,6%. Tingkat kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan konseling kelompok REBT rata-rata 72,2 pada kategori rendah dan meningkat menjadi 125,6pada kategori tinggi setelah diberikan konseling kelompok REBT. Tingkatkepercayaan diri siswa kelompok kontrol sebelum diberikan konseling kelompoktanpa REBT 84,5 pada kategori rendah dan meningkat menjadi 104,7 pada kategori sedang setelah diberikan konseling kelompok tanpa REBT. Adanya perbedaan yang signifikan terlihat dari skor probabilitas di bawah 0,05 (0,001 < 0,05) dari hasilanalisis tersebut dapat dikatakan adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri siswakelompok eksperimen yang diberikan konseling kelompok REBT dengan kelompok kontrol diberikan konseling kelompok tanpa REBT. Berdasarkan paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok REBT efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa jurusan MIPA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok; Rational Emotive Behavior Therapy; Kepercayaan Diri Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/371 |