Sikap Guru Terhadap Inovasi Sekolah dan Faktor Pendukung (Studi Pada SMK Negeri Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan)

Jalaluddin, Jalaluddin (2011) Sikap Guru Terhadap Inovasi Sekolah dan Faktor Pendukung (Studi Pada SMK Negeri Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JALALUDDIN_91690_2963_2012.pdf] Text
B1_1_JALALUDDIN_91690_2963_2012.pdf

Download (173kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal teramati bahwa sebagian guru belum
memiliki sikap yang positif terhadap inovasi sekolah. Seharusnya setiap guru
memiliki sikap yang positif terhadap inovasi sekolah, sehingga inovasi sekolah
dapat berhasil sesuai rencana. Banyak faktor yang dapat meningkatkan sikap
positif guru terhadap inovasi sekolah. Diduga faktor yang dominan adalah
kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan budaya organisasi sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang: (1) hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan sikap guru terhadap inovasi sekolah; (2)
hubungan antara motivasi kerja guru dengan sikap guru terhadap inovasi sekolah;
(3) hubungan antara budaya organisasi sekolah dengan sikap guru terhadap
inovasi sekolah; (4) hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi
kerja guru dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama dengan sikap guru
terhadap inovasi sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru produktif di SMK Negeri Kota
Palembang sebanyak 300 orang, Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik proportional random sampling dari 7 SMK Negeri
yang tersebar di kota Palembang dan didapatkan sampel sebanyak 169 orang.
Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket sebagai berikut: (1) angket
sikap guru terhadap inovasi sekolah; (2) angket kepemimpinan kepala sekolah; (3)
angket motivasi kerja guru; dan (4) angket budaya organisasi sekolah. Analisis
data menggunakan program SPSS versi 16 dengan teknik analisis korelasi parsial
dan ganda. Sebelum analisis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas
dan Homogenitas.
Penelitian ini menemukan: (1) terdapat hubungan yang positif antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan sikap guru terhadap inovasi sekolah; (2)
terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru dengan sikap guru
terhadap inovasi sekolah; (3) terdapat hubungan yang positif antara budaya
organisasi sekolah dengan sikap guru terhadap inovasi sekolah; (4) terdapat
hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru
dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama dengan sikap guru terhadap
inovasi sekolah. Berdasarkan temuan penelitian di atas, disarankan upaya untuk
meningkatkan: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan budaya
organisasi sekolah

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Sekolah Sikap Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:28
Last Modified: 13 Mar 2025 02:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3705

Actions (login required)

View Item
View Item