Yanto, Febri (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FEBRI_YANTO_16169014_2278_2019 ok.pdf [thumbnail of B1_1_FEBRI_YANTO_16169014_2278_2019 ok.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FEBRI_YANTO_16169014_2278_2019 ok.pdf
Download (2MB)
Abstract
Peran kreativitas dalam pembelajaran paling sering dikaitkan dengan
aktivitas pemecahan masalah, yang berarti kreativitas diukur dengan kemampuan
siswa untuk mendekati masalah dan bagaimana pemecahan masalah tersebut.
Peimplementasian model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran
fisika SMA belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru, sehingga
keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara
optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model
pembelajaran berbasis masalah untuk menstimulasi peningkatan keterampilan
pemecahan masalah pada pembelajaran fisika SMA.
Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan model
ADDIE ( analyze, design, develope, implementation dan evaluate). untuk
Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal.
Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada siswa kelas X SMA Kota
Padang yang telah menerapkan kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018.
Sedangkan Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data
kualitatif didapatkanmelalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang
diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan
keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas
model pembelajaran ditentukan dari aktivitas siswa , keterampilan pemecahan
masalah dan aspek pengetahuan. Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas
produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized
control –group pretes-posttes design. Uji coba terbatas dilakukan di SMA 9
Padang. Uji coba diperluas dilakukan di SMA 8 dan SMA 9 padang. Data
validitas, praktikalitas serta aktifitas di analisis menggunakan formula cohen’s
kappa dan persentase. Data peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan
aspek pengetahuan dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS.
Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model pembelajaran berbasis
masalah untuk pembelajaran fisika yang disingkat dengan model PBM-PF.
Temuan penelitian menunjukan bahwa model ini dapat menstimulasi peningkatan
keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Oleh
karena itu berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada guru-guru dan calon
guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam
pembelajaran Fisika di SMA
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Keterampilan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:27 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3699 |