Perbedaan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Metode Quantum Learning Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Analis Kimia Padang

Ferlin, Dini (2012) Perbedaan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Metode Quantum Learning Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Analis Kimia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DINI_FERLIN_01516_4962_2012.pdf] Text
B1_1_DINI_FERLIN_01516_4962_2012.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama,
siswa sulit membedakan perbedaan antara keempat jenis karangan, khususnya
antara karangan narasi dan deskripsi. Kedua, siswa kurang mengerti hakikat
menulis karangan deskripsi. Ketiga, pendekatan ataupun metode pembelajaran
yang digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi kurang
memotivasi siswa untuk lebih senang dalam menulis karangan deskripsi tersebut.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
siswa kelas XI SMAKPA dalam menulis deskripsi dengan menggunakan
pendekatan kontekstual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas XI
SMAKPA dalam menulis deskripsi dengan menggunakan metode quantum
learning. Ketiga, menganalisis perbedaan hasil dari keterampilan siswa XI
SMAKPA dalam menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan kontekstual
dan metode quantum learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
Sekolah Menengah Analis Kimia Padang/ SMAKPA yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2011/2012 sebanyak 138 siswa. Pada penelitian ini terdapat dua kelas
sampel yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Sampel
bertujuan (purposive sampling) dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan
atas strata, random, daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Kriteria
sampel dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang akan penulis ambil
adalah kelas yang memiliki nilai rata-rata menulis yang sama.
Data penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu nilai keterampilan menulis
deskripsi siswa kelas XI SMAKPA. Deskripsi data menggunakan rumus
persentase, rumus rata-rata hitung, dan pada akhirnya dilakukan uji t untuk
mengetahui seberapa besar perbedaan keterampilan menulis deskripsi dengan
menggunakan pendekatan kontekstual dan metode quantum learning siswa kelas
XI SMAKPA. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh
kesimpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan siswa kelas eksperimen I
dengan menggunakan pendekatan kontekstual berada pada kualifikasi baik sekali
(BS) dengan 86,27. Kedua, keterampilan siswa kelas eksperimen II dengan
menggunakan metode quantum learning berada pada kualifikasi baik (B) dengan
81,62. Ketiga, setelah dilakukan uji-t diperoleh thitung = 1,99 dan ttabel= 1,69
dimana th > tt , maka Hi diterima. Jadi, terdapat perbedaan yang berarti antara
keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan
metode quantum learning siswa kelas XI SMAKPA

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Quantum Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:53
Last Modified: 13 Mar 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item
View Item