Risky, Randika Irwa (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RANDITA_IRWA_RISKY_1101247_4595_2016.pdf [thumbnail of B1_01_RANDITA_IRWA_RISKY_1101247_4595_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RANDITA_IRWA_RISKY_1101247_4595_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan siswa untuk memahami situasi dan fakta yang diketahui, serta dapat menjelaskan dengan bahasanya sendiri dan sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya tanpa mengubah arti. Berdasarkan hasil jawaban kuis siswa, terlihat bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padang masih rendah dan mereka masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Think Pair Share dapat membantu siswa aktif untuk menemukan dan memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model TPS lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 kecuali kelas unggul. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana, kelas VIII 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,045 dengan �=0,05. Karena P-value < �, maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan TPS lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 07:42 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3682 |