Febriyanti, Yolla (2014) Evaluasi Jalan Angkut Untuk Produksi Penambangan dari Front Pit Limit Ke Crusher IIIA dan IIIB pada Penambangan Batu Kapur Bukit Karang Putih PT Semen Padang. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_14_YOLLA_FEBRIYANI_1105127_2732_2014.pdf.pdf [thumbnail of B1_14_YOLLA_FEBRIYANI_1105127_2732_2014.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_14_YOLLA_FEBRIYANI_1105127_2732_2014.pdf.pdf
Download (9MB)
Abstract
PT Semen Padang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV
Nederlandsch Indische Portland Cement (NV NIPCM), terletak di Indarung, sekitar
15 km di Sebelah Timur Kota Padang, secara administrasi termasuk dalam
Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat dengan
ketinggian lebih kurang 200 mdpl. Secara geografis terletak antara garis meridian
1°04’30” Lintang Selatan sampai 1°06’30”Lintang Selatan dan 100°15’30” Bujur
Timur sampai 100°18’30” Bujur Timur. PTSemen Padang melakukan kegiatan
penambangan batu kapur dengan menggunakan metoda tambang terbuka quarry.
Akses jalan merupakan faktor penting dalam ketercapaian volume batuan yang
dipindahkan. Sebelum menentukan geometri jalan yang akan dibuat maka perlu
diketahui alat angkut yang akan melaluinya. Jalan yang baik akan mendukung
terpenuhinya target produksi yang diinginkan dan produksi per dump truck juga akan
baik. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa HD785-7 Komatsu merupakan alat
angkut yang mempunyai kontribusi besar terhadap total produksi penambangan di
PT Semen Padang.Peneliti melakukan pengukuran geometri jalan tambang pada
lokasi penambangan batu kapur dari front pit limit ke crusher IIIA dan IIIB.
Permasalahannya terdapat pada geometri jalan itu sendiri, seperti 25% lebar jalan
pada jalan lurus belum memenuhi standar, pada tikungan harus menambah perlebaran
jalan pada semua segmen karena belum ada yang memenuhi standar, 62,5% Grade
jalan terlalu besar, 100% Cross slope harus melakukan pembenahan, dan 50%
Drainase tidak berfungsi.Hasil analisis data pengukuran yang peneliti peroleh
bertujuan untuk mengevaluasi ruas jalan yang tidak memenuhi standar geometri jalan
tambang yang baik dan benar. Geometri jalan tambang dibuat untuk kelancaran
proses pengangkutan bahan galian, maka geometri jalan tambang harus sesuai dengan
alat angkut yang digunakan dan harus dibuat sesuai standar yang telah ditentukan
untuk mendukung kelancaran kegiatan penambangan.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan-D3 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:24 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3648 |