Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 XIII Koto Kampar

Asmanidar, Asmanidar (2011) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 XIII Koto Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ASMANIDAR_10746_3907_2012.pdf] Text
B1_1_ASMANIDAR_10746_3907_2012.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaaan hasil belajar
Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang diajarkan dengan pendekatan
pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
pendekatan konvensional. (2) Perbedaan hasil belajar PAI siswa yang memiliki
kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual
dari hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dijarkan dengan
pendekatan pembelajaran konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar PAI siswa yang
memiliki kemampuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan pembelajaran
kontekstual dengan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang
diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. (4) Interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar PAI.
Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Data dikumpulkan
melalui tes dan dianalisis dengan uji–t dan ANOVA. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMAN 2 XIII Koto Kampar jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial,
sedangkan sampel adalah siswa kelas XI1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa
kelas XI2 sebagai kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan, hasil belajar
PAI kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih
tinggi dari kelompok siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional. (2) Hasil
belajar PAI kelompok siswa yang berpengetahuan awal tinggi diajar dengan
pendekatan kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan
pendekatan konvensional. (3) Hasil belajar PAI siswa yang pengetahuan awal rendah
diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibanding siswa
dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan menggunakan pendekatan
konvensional dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan
pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2
XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:24
Last Modified: 12 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item
View Item