Nini, Asmara (2010) Kontribusi Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASMARA_NINI_10606_3530_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ASMARA_NINI_10606_3530_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASMARA_NINI_10606_3530_2012.pdf
Download (150kB)
Abstract
Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap guru-guru SMP Negeri,
di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, terkesan kinerja guru
masih rendah. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor supervisi
akademik dan motivasi berprestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Kontribusi Supervisi
Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Supervisi Akademik berkontribusi
terhadap kinerja guru, 2) Motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kinerja
guru, serta 3) Supervisi Akademik dan Motivasi berprestasi secara bersama
sama berkontribusi terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk
Sikaping Kabupaten Pasaman yang PNS berjumlah 150 orang. Sampel
penelitian ini sebanyak 59 orang, yang ditetapkan dengan teknik Stratified
proportional random Sampling. Dengan mempertimbangkan strata tingkat
pendidikan dan masa kerja. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah angket model skala likert, dan yang telah memiliki validitas dan
reliabilitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan
telah teruji dan signifikan. Variabel supervisi akademik memberikan kontribusi
sebesar 9,6% terhadap kinerja guru. Variabel motivasi berprestasi memberikan
kontribusi sebesar 11,3% terhadap kinerja guru. Secara bersama-sama kedua
variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 17,12% terhadap kinerja guru.
Tingkat ketercapaian untuk variabel supervisi akademik adalah 64,89% berada
pada kategori cukup. Tingkat ketercapaian variabel motivasi berprestasi sebesar
77,23% berada pada kategori sedang. Tingkat ketercapaian variabel kinerja
guru adalah sebesar 59,27% berada pada kategori rendah. Kedua variabel
supervisi akademik dan motivasi berprestasi merupakan dua variabel prediktor
terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten
Pasaman.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi
akademik dan motivasi berprestasi merupakan dua faktor penting yang
mempengaruhi kinerja guru. Di samping itu, masih ada faktor-faktor lain yang
juga memiliki peranan penting yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:15 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3639 |