Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik dengan Strategi Inkuiri pada Tema Lingkungan di Kelas III SDN 07 Payakumbuh

Hendarto, Erwin (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik dengan Strategi Inkuiri pada Tema Lingkungan di Kelas III SDN 07 Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ERWIN_HENDARTO_19793_2601_2017.pdf] Text
B1_01_ERWIN_HENDARTO_19793_2601_2017.pdf

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 07 Payakumbuh. Hal ini terlihat pada hasil belajar peserta didik yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran yang dilaksanakan masih berupa teori sehingga konsep materi yang diajarkan masih kurang dipahami oleh peserta didik dan belum terlihat tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik peserta didik dengan strategi inkuiri pada tema lingkungan di kelas III SDN 07 Payakumbuh. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SDN 07 Payakumbuh yang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang
terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Penelitian dimulai pada tanggal 17 September 2014 sampai dengan 08 Oktober 2014. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik peserta didik dengan strategi inkuiri pada tema lingkungan di kelas III SD. Peningkatan aktivitas siklus I 72% dan peningkatan aktivitas siklus II 92% terlihat dengan antusiasnya peserta didik dalam mencari, mengamati, dan melakukan percobaan di dalam kelompok belajarnya untuk kemudian mengkomunikasikannya kepada teman, sehingga terlihat perubahan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siklus I rata-rata ketuntasan 70,0 dan terjadi peningkatan
nilai rata-rata menjadi 97,2 pada akhir penelitian siklus II.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:12
Last Modified: 12 Mar 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3633

Actions (login required)

View Item
View Item