Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penyajian Data Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Berpikir Matematika Siswa Kelas V SD.

Hastuti, Erni (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penyajian Data Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Berpikir Matematika Siswa Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ERNI_HASTUTI_18124069_2133_2023.pdf] Text
B1_01_ERNI_HASTUTI_18124069_2133_2023.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemui pada awal penelitian. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Gugus II Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran penyajian data di kelas V SD. Peserta didik
cenderung dikenalkan lansung dengan cara menyajikan data tanpa melibatkan peserta didik untuk dapat sendiri aktif dalam menemukan cara menyajikan data sehingga berpengaruh kepada kemampuan representasi matematika peserta didik
yang mana peserta didik hanya mampu menyajikan data ketika dikenalkan guru pada pembelajaran hari itu, pada hari berikutnya ketika ditanya peserta didik kebingungan bahkan ada yang sudah lupa dengan cara menyajikan data sesuai
dengan materi yang telah dikenalkan guru. Hal tersebut yang mendasari terciptanya perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik menemukan sendiri cara menyajikan data yang dihubungkan dengan pengalaman peserta didik salah satunya melalui kebudayaan yang terdapat di sekitar
lingkungan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis etnomatematika tari Minangkabau pada materi penyajian data dikelas V SD yang valid, praktis, dan
efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase penelitian yaitu yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping
phase), dan fase penilaian (assesment phase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 05 Koto Baru. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis etnomatematika tari Minangkabau.
Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil validasi menunjukkan perangkat
pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik, penyajian, dan kegrafikan. Hasil uji coba juga menunjukan kategori sangat praktis yang terlihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau. Selain itu, perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau berdampak pada kemampuan representasi peserta didik yang efektif. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata kemampuan representasi matematika peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau
dengan yang tidak menggunakannya. Uji hipotesis menunjukan data kelas eksperimen lebih tinggi dari data kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:59
Last Modified: 12 Mar 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item
View Item