Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016

Ismail, Rafki Nasuha (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAFKI_NASUHA_ISMAIL_1205529_4415_2016.pdf] Text
B1_01_RAFKI_NASUHA_ISMAIL_1205529_4415_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapat ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika, sehingga menjadi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun, hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum terbiasa untuk mengemukakan ide dan fikirannya, partisipasi siswa saat proses pembelajaran masih kurang, dan siswa kesulitan menuliskan langkah-langkah penyelesaian sebuah masalah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis diperlukan suatu strategi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah pembelajaran kooperatif tipe think, talk, dan write. Tujuan penelitian adalah untuk melihat apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di Kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay yang telah valid dan reliabel dengan taraf signifikan �=0,05. Data tes akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis dengan menggunakan uji - t setelah data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji - t, diperoleh P-value= 0,000 dimana <0,05 maka �0 ditolak. Berarti bahwa hasil penelitian ini dapat dipercaya pada taraf nyata 0,05, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think talk write mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengaruhnya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:41
Last Modified: 12 Mar 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item
View Item